Archive for October, 2008

SMS Gateway with SMSlib

waktu aye masih rajin2nya make Java, aye bikin SMS Gateway pake Smslib 3.2.1 ..smslib ini adalah kumpulan class-class java yg siap pakai ( bisa dibilang library )kalo kita mo ngirim sms..jd kita ga perlu repot2 lg bikin script buat kirim sms..disitu udah disediain scriptnya..tinggal kita panggil aja..tp sayangnya dipaket ini hanya berisi function2 yang berkaitan dengan sms aja..belom ada tampilan GUI nya..jadi ente semua bikin sendiri GUI nya..heheh..

OK..sebelum qt bikin sms gateway..ada beberapa yg kudu disiapin diantaranya :
1. smslib    
2. Sun Java Comm v2 (Win32)
kedua file diatas ente bisa download di sini.
3. Modem GSM/CDMA (Pake HP juga boleh)
4. Pastikan koneksi Modem/HP ke dalam komputer telah berjalan dengan baik (kalo komputer telah mengenal HP / Modem ente..berarti HP / Modem udah bisa dipakai..oya pada percobaan ini aye make HP Sony Ericsson K750i )

Abis itu biar nih java bisa ngebaca perintah yang ada di smslib ente harus install file Java Comm duluu..begini nih caranya  :
1. ekstrak file zip sun java comm ( terserah deh mo taro dmn..di komputer tetangga juga boleh.. hehehe ^_^ )
2. dari hasil ekstrak itu, nte bakal menemukan file comm.jar, javax.comm.properties dan  win32com.dll..selanjutnya nte harus melakukan ini : ( Misal : Directory JAVA_HOME ada di C:\Java )
– Copy file comm.jar ke dalam directory C:\java\jdk1.6.0\jre\lib\ext
– Copy file javax.comm.properties ke dalam directory C:\java\jdk1.6.0\jre\lib
– Copy file win32com.dll tempatkan pada direktori C:\java\jdk1.6.0\jre\bin
Continue reading