How to query remote Server..

sebenernya nih kasus gw temuin di kantor gw..waktu gw mo query dari server A ke Server B pake MSSQL Server 2000..

gw pikir querynya begini..

Select * from [Server name].[DB Name].[Table Name]

ternyata kalo querynya begitu aj ga bisa..pas gw cari2 penyebabnya,ternyata dikarenakan server yg gw tuju belum terdaftar di sysservers. so sebelum melakukan query di atas, qt kudu daftarin servernya..

caranya begini nih..untung di Sql Server udah ada store procedurenya..

  1. Masuk ke database Master
  2. jalankan query berikut untuk koneksi ke sesama SQL Server

    EXEC sp_addlinkedserver ‘[Nama Server Tujuan]’,N’SQL Server’

    tapi ini berlaku jika server tujuannya juga menggunakan SQL Server, apabila Server tujuannya menggunakan Oracle/ DB2, dll..maka ada opsi tertentu dari Store Procedure di atas

  3. Apabila server tujuan tidak menggunakan user ‘sa’, maka perlu di set user n passwordnya.dengan menjalankan query berikut.

    EXEC sp_addlinkedsrvlogin ‘[Server Name]’, ‘false’, NULL, ‘[SQLUser]’, ‘[Password]’

selesai sudah, sekarang anda bisa menggunakan query

Select * from [Server name].[DB Name].[Table Name]

sesuka hati anda ke server yg dimaksud..kalo mo query ke server yg lain..jalankan kembali proses di atas..

have a nice try.. ^_^

Leave a comment